Blogger templates

Selasa, 28 Februari 2012

Membuat Jaringan LAN

A.        Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan  Komputer  adalah  sekelompok  komputer  otonom  yang  saling berhubungan  antara  satu  dengan  lainnya  menggunakan  protokol  komunikasi melalui  media  komunikasi  sehingga  dapat  saling  berbagi  informasi,  program  - program,  penggunaan  bersama  perangkat  keras  seperti  printer,  harddisk,  dan sebagainya.  Selain  itu  jaringan  komputer  bisa  diartikan  sebagai  kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

B.        Tujuan Membangun Jaringan Komputer
Tujuan  dibangunya  suatu  jaringan  komputer  adalah  membawa  informasi  secara tepat  dan  tanpa  adanya  kesalahan  dari  sisi  pengirim  (transmitter)  menuju  kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

C.        Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
  1. Bagi pakai (sharing) peralatan (resources)
    Dengan adanya jaringan komputer, maka pemakain beberapa peralatan komputer seperti print, hard disk, disket, scanner, CD-ROM dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan yang terpasang tersebut.

  2. Bagi pakai software
    Hampir dalam setiap organisasi, kemampuan dalam melakukan bagi pakai berkas atau file data diperlukan setiap hari. Beberapa tipe software PC, khususnya program manajemen basis data atau database, didesain disamping agar bisa dipakai oleh satu pemakai, juga dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang bersamaan. Atau dengan kata lain, untuk mengakses dan meng-update file-file tadi. Paket yang lain, seperti program pengolah data (word processor) dan spreadsheet, kebanyakan didesaian hanya untuk satu pemakai yang dapat meng-update file.

  3. Komunikasi
    Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon.

  4. Pemrosesan terpusat (terdistribusi)
    Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya.
  1. Keamanan data
    Keamanan data dapat diatur oleh supervisor (administrator) dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.
  2. Akses internet bersama-sama
    Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.


D.  Jenis Jaringan Komputer
Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
a.       Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil,   umumnya   dibatasi   oleh   area   lingkungan   seperti   sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

Beberapa  model   konfigurasi   LAN,   satu   komputer   biasanya   di jadikan sebuah  file server.  Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat   lunak (software) yang mengatur aktifitas  jaringan,  ataupun sebagai   perangkat   lunak   yang   dapat   digunakan   oleh   komputer-komputer   yang   terhubung   ke   dalam   network.  Komputer-komputer yang   terhubung   ke   dalam  jaringan   (network)   itu   biasanya   disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari  file   server  dan mempunyai   aplikasi   lain di  dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel  untuk menghubungkan antara satu komputer  dengan computer lainnya

b.   Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi  area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar  wilayah dalam  satu propinsi.  Dalam hal   ini   jaringan menghubungkan   beberapa   buah   jaringan-jaringan   kecil   ke   dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor  cabang  sebuah Bank di  dalam  sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.

c.   Wide Area Network (WAN)
Wide  Area  Network  (WAN),  jangkauannya  mencakup  daerah  geografis yang  luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN  terdiri dari  kumpulan  mesin-mesin  yang  bertujuan  untuk  menjalankan  program-program (aplikasi) pemakai.

Switch
Switch berfungsi  menghubungkan  multiple komputer pada  layer protokol  jaringan  level dasar. Switch beropersi pada  layer dua  (data  link  layer) dari OSI model. 

Secara tipikal, beberapa kelebihan switch dari hub adalah :
a.  Mampu menginspeksi paket – paket data yang mereka terima.
b.  Mampu  menentukan   sumber  dan  tujuan  paket  yang melaluinya.
c.  Mampu mem-forward paket – paket dengan tepat.
 

 Alat dan Bahan
  • Laptop (24 unit)
  • Switch (5 buah)
  • Kabel UTP
  • Tester Cable Network 

Langkah-Langkah Membuat Jaringan LAN

Skema yang akan di buat  


  1.  Hubungkan semua perangkat menggunakan kabel UTP
  2. Pengaturan IP Address :
    LAN 1 : 192.168.0.11-16
    LAN 2 : 192.168.0.21-26
    LAN 3 : 192.168.0.31-36
    LAN 4 : 192.168.1.41-46
     Subnet mask untuk semua LAN : 255.255.255.0
      
Langkah – langkah pengarturas IP Address : 
- Klik >>> Simbol Wireless di pojok kanan bawah layar, lalu Klik >>> Open Network and Sharing Center.
 - kemudian klik Local Area Connection seperti yang di lingakari merah

- setelah itu, klik Properties >>> Internet Protocol Version >>> Properties.

- isikan IP sesuai dengan yang di tentukan , jika sudah klik OK.





- Lakukan Ping ke Laptop lain untuk mengecek apakah Laptop yang kita gunakan sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik. Klik    Start >>> Command Promppt >>> ketik Ping IP Laptop lain (contoh : Ping 192.168.0.24). Jika hasilnya Reply, maka Laptop sudah terhubung dan terkoneksi dengan baik . 
                   
- Langkah berikutnya, Matikan Firewall.
   Klik Start >>> Control Panel >>> Windows Firewall >>> Turn Windows Firewall on or off.


-Kemudian pilih Turn Off Windows Firewall, lalu Klik OK.

- Cara Share Folder
     Klik Kanan pada Folder yang ingin dishare. Lalu Klik Share.

- Pilih Everyone lalu Add, setelah itu Klik Share.
- Bila Muncul tulisan Your folder is shared, berarti folder yang anda share sudah berhasil di share. Selanjutnya Klik Done.
  
- Folder sudah berhasil dishare, namun folder tersebut belum bisa dilihat oleh Laptop lain yang terhubung dengan Jaringan Laptop Anda. Agar Bisa dilihat oleh Laptop lainnya, Klik kanan pada Folder yang tadi dishare >>> Share With >>> Homegroup.

 - Kemudian, Klik Change advanced sharing settings.
- Pilih Turn off password protected sharing, lalu Klik Save changes. Dengan begitu folder yang dishare sudah bisa dilihat oleh Laptop lain yang terhubung dengan Jaringan Laptop Anda.
- Ubah Workgroup Anda.
       Klik Start >>> Klik Kanan pada Computer >>> Properties. 
Klik System protection.
- Klik Computer Name >>> Change, lalu isi Workgroup sesuai dengan ketentuan IP Addres diatas. 
  Liat Hasil
Untuk melihat hasil dari Percobaan diatas, silahkan cek di Laptop lain yang telah terhubung dengan Jaringan Laptop Anda.(IP : 192.168.0.21). 
1. Buka Command Prompt lalu cek koneksi dengan menggunakan perintah ping kepada semua LAN(1-4)  
ping ke LAN 1 telah berhasil.


ping ke LAN 2 juga sukses.


 
ping ke LAN 3 sukses.


ping ke LAN 4 gagal , karena LAN 4 memiliki network id yg berbeda (192.168.1.41) dengan (192.168.0.21)

2.  Melihat folder yang telah di share 
          Klik Start >>> Computer >>> Network. 
          Untuk mengubah tampilan menjadi per-group. Klik kanan >>> Sort by >>> Workgroup.
Klik Nama Laptop Anda (LAB1PC14-IPOEL). Jika Folder yang tadi Anda share muncul, berarti Praktikum diatas telah Berhasil.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima Kasih


Created by Achmad Syaifulloh












 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;