Blogger templates

Senin, 08 Oktober 2012

Laporan Praktikum 2 - Telnet Server & File Transfer Protocol


Disusun Oleh:
Achmad Syaifulloh
11615037
T. Komputer

Dasar Teori :

FTP menggunakan protokol transport TCP untuk mengirimkan file. TCP dipakai sebagai protokol transport karena protokol ini memberikan garansi pengiriman dengan FTP yang dapat memungkinkan user mengakses file dan direktory secara interaktif, diantaranya :

· Melihat daftar file pada direktory remote dan lokal.
· Menganti nama dan menghapus file
· Transfer file dari host remote ke lokal (download)
· Transfer file dari host lokal ke remote (upload)


Pada gambar dibawah menunjukkan mekanisme transfer file dari host lokal ke remote, proses transfer file seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar tersebut. Tahapan FTP dimulai dari client memasuki jaringan TCP/IP, komputer remote yang akan dituju disebut host FTP, dan host FTP ini harus memiliki software FTP server yang telah diinstall agar dapat berinteraksi dengan sistem file pada host. Untuk memulai melakukan FTP, maka berikan perintah seperti berikut : %ftp [hostname]


tanda % adalah prompt default pada OS Unix, hostname merupakan nama secara simbolik atau IP address dari host yang akan dituju. Bila sudah dapat tersambung maka akan ditanyakan nama user dan password, isian nama user dan password sesuai dengan account yang diberikan seperti yang digunakan bila user akan menggunakan server tersebut, tetapi pada FTP server yang umum, untuk nama user dapat digunakan ftp atau anonymous dengan menggunakan password yaitu alamat e-mail, akan tetapi memiliki hak akses yang terbatas sesuai yang ditetapkan administrator FTP server.




Tugas Pendahuluan :

1. Apa perbedaan fungsi telnet dan ftp ?

2. Klasifikasikan jenis ftp server berdasarkan tipe usernya!
3. Pada Linux Redhat versi 8.0 keatas, program ftp server telah menggunakan vsftpd, setelah sebelumnya digunakan wu-ftpd. Sebutkan beberapa keunggulan dari program vsftpd dibandingkan dengan wu-ftpd.

Jawab :




1. Fungsi Telnet, antara lain sebagai Program yang memungkinkan akses terminal secara remote lewat suatu jaringan. Fungsi FTP untuk melakukan operasi file dasar pada host remote dan untuk mentransfer file antar host dan untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.



2. a) Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server. Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet. File-file dalam server ini dapat di-download secara gratis. Untuk menggunakan Anonymous FTP ini pennguna memasukkan login dengan username Anonymous dan password yang dipakai berupa alamat e-mail atau dapat pula menggunakan username guest tanpa password, hal ini tergantung dari server FTP yang dituju.

b) Private FTP Server, Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh usertertentu yang terdaftar secara resmi. Server ini biasanya berisi data dan informasi pribadi yang khusus digunakan untuk pemakai tertentu atau perusahaan tertentu. Pemakai khusus ini biasanya mempunyai username dan password untuk dapat terhubung dengan server jenis ini. 3. - vsftpd jauh lebih aman dan cepat dibandingkan dengan wu-ftpd.
- vsftpd memiliki fitur virtual IP configuration, virtual users, powerful peruser configurability dan bandwidth throttling.

Tuliskan kembali langkah-langkah praktikum dan setting file konfigurasi
1. Login sebagai root dengan mengetikkan perintah : sudo su
2. Menginstall program vsftpd dan telnetd :
    # apt-get install vsftpd
    # apt-get install telnetd


3. Jalankan perintah # ifconfig :

4. Jalankan perintah # netstat -r :

5. Catatlah berapa nomer port yang digunakan oleh telnet dan ftp. File /etc/services menyimpan file nomor port dan service daemon.
# cat /etc/services | grep ftp
# cat /etc/services | grep telnet

6. Melakukan perintah dibawah ini :
# vi /etc/vsftpd.conf

7. Menghapus rule firewall dengan perinah :
# iptables -F

8. Uji coba localhost dengan perintah dibawah ini :
# telnet localhost
# ftp localhost
Daftar Pertanyaan
Apa beda telnet dan ftp ?
Telnet adalah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan interaktif dua arah teks berorientasi fasilitas komunikasi menggunakan virtual terminal koneksi. Data pengguna diselingi di-band dengan informasi kontrol Telnet dalam 8-bit byte berorientasi koneksi data melalui Transmission Control Protocol (TCP).
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP menggunakan protokol transport TCP untuk mengirimkan file. TCP dipakai sebagai protokol transport karena protokol ini memberikan garansi pengiriman dengan FTP yang dapat memungkinkan user mengakses file dan directory secara interaktif, diantaranya:

Melihat daftar file pada direktory remote dan lokal.

Menganti nama dan menghapus file
Transfer file dari host remote ke lokal (download)
Transfer file dari host lokal ke remote (upload) Sebutkan software ftp client yang anda kenal (min 3) ?


Macam – macam FTP Client :

- FTP Client Under Windows:
Cute FTP
WS_FTP
Get Right
Go!zilla
Coffe Cup
Kazza
- FTP Client Under UNIX :
telnet
axyFTP
wget
caitoo
cftp
curl
downloader
moxftp
ncftp Apa beda ftp biasa dan anonimous ftp ?
FTP user artinya ftp yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Karena ftp user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya. Sedangkan FTP anonymous artinya, FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password, ataupun bila di minta password,. Biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk ferivikasi.



 by Achmad Syaifulloh
11615037

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;